Catatan si Jay

September 30, 2010

Surti & Tejo

Filed under: Brain Teaser — Hendra Jaya @ 4:57 am

Soal

Surti dan Tejo adalah kakak beradik. Agar lebih fasih dalam berbahasa Inggris, Surti mengikuti kursus Bahasa Inggris di LINA. Setiap harinya, kursus dimulai pukul 18.00 dan berakhir pukul 21.00. Karena Tejo tidak suka melihat Surti naik kendaraan umum malam-malam, Tejo berjanji untuk menjemput Surti setiap harinya.

Agar bisa menjemput Surti tepat waktu (pukul 21.00), Tejo harus berangkat dari rumah pukul 20.00. Sama seperti berangkat, perjalanan pulang dari LINA sampai ke rumah pun membutuhkan waktu 1 jam. Sehingga Surti & Tejo baru akan tiba kembali di rumah pukul 22.00. Rutinitas ini dilakukan Tejo tanpa mengeluh sedikitpun. Benar-benar kakak yang baik.

Suatu hari, kursus berakhir lebih cepat dari biasanya, yaitu pukul 19.30. Karena enggan menunggu sampai dijemput Tejo (pukul 21.00), Surti memutuskan untuk pulang dengan berjalan kaki. Di tengah jalan, Surti dan Tejo berpapasan. Ya tentu saja, Surti langsung diangkut Tejo lalu putar balik dan pulang ke rumah. Kakak beradik ini pun tiba di rumah lebih cepat dari biasanya, yaitu pukul 21.40.

  1. Berapa lama Surti berjalan kaki?
  2. (Out of the box) Berapa jauh kira-kira jarak rumah dan LINA?

Sumber : Wisnu OPS

Pembahasan Pertanyaan 1

Waktu yang ditempuh Tejo berkendara sampai bertemu dengan Surti = T
Waktu yang ditempuh surti berjalan kaki = S

Waktu yang ditempuh Surti untuk berjalan kaki dapat dipecah menjadi dua bagian :

  • Dari pukul 19.30 sampai pukul 20.00, Surti berjalan selama 30 menit.
  • Dari pukul 20.00 sampai pertemuan, Surti berjalan selama T menit.
    Mengapa T menit? Karena Tejo berangkat dari rumah pukul 20.00 dan membutuhkan waktu T menit untuk berpapasan dengan Surti. Pada saat itu, jam tangan Surti dan Tejo pasti sama-sama menunjukkan pukul 20.00 + T. Yang artinya Surti telah berjalan selama T menit (dari pukul 20.00).

Akibatnya, kita memperoleh persamaan S = 30 + T.

Sekarang, karena kakak beradik ini tiba di rumah pukul 21.40, berarti Tejo telah mengendarai kendaraannya selama 100 menit. Karena Tejo mengendarai kendaraannya pulang pergi, maka persamaan berikutnya adalah T + T = 100. Dengan demikian T = 50. Selanjutnya S = 80. Pertanyaan pertama pun terjawab.

Pembahasan Pertanyaan 2

Untuk pertanyaan kedua, kita membutuhkan fakta lain yang tidak ada di dalam cerita. Faktanya adalah : “Manusia normal dalam keaadaan sehat dan tanpa rintangan yang berarti membutuhkan waktu 1 jam untuk menempuh jarak 5 Km”.

Kita asumsikan Surti adalah manusia normal dalam keadaan sehat dan perjalanannya tidak menemui rintangan yang berarti. Sungguh suatu asumsi yang sangat berani. Tetapi ini pertanyaan “Out of the box” untuk memberikan prediksi kasar. Akurasi tidak terlalu dipermasalahkan.

Tejo hari ini berkendara selama 50 menit, sementara waktu normalnya adalah 60 menit. Secara kasar dapat dikatakan bahwa jarak yang ditempuh Tejo adalah \frac{5}{6} dari jarak rumah-LINA. Sementara sisanya, yang \frac{1}{6}, ditempuh oleh Surti selama 80 menit.

Lagi-lagi, dapat diperkirakan secara kasar bahwa Surti membutuhkan waktu 480 menit untuk menempuh keseluruhan jarak dari LINA ke rumah. Waktu 480 menit adalah waktu yang lama, yaitu 8 jam! Dengan demikian, kita dapat mem-prediksi secara kasar jarak dari rumah ke LINA adalah 8 x 5Km = 40 Km!

Sebagai informasi tambahan, Selat Sunda yang memisahkan pulau Sumatera dan Jawa jaraknya “hanya” sekitar 25 Km🙂
Tekad Surti untuk fasih berbahasa Inggris benar-benar luar biasa dan layak untuk mendapat acungan jempol.

Make Up Number

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: